Hima Akuntansi FEB Unpad

Mabar

Meskipun Memiliki NPWP, Karyawan dengan Gaji di Bawah 4,5 Juta Per Bulan Gak Harus Lapor Pajak SPT, Lho!

Mekanisme pelaporan SPT saat ini sangatlah mudah. Pemerintah juga telah menetapkan peraturan yang cukup menguntungkan bagi masyarakat, yaitu pembebasan kewajiban lapor SPT tahunan bagi pemilik NPWP yang termasuk dalam golongan Wajib Pajak Non Efektif. Untuk menjadi Wajib Pajak Non Efektif, Wajib Pajak perlu mengajukan permohonan dengan memenuhi syarat-syarat yang berlaku dan melakukan tahapan-tahapan yang telah ditetapkan pemerintah.

Lalu, apa saja tahapan-tahapan tersebut dan apa alasan pemerintah menetapkan kebijakan ini? Cari tahu selengkapnya pada tautan MABAR di bawah ini!

Dampak Kenaikan BBM terhadap Suku Bunga

Pada 4 September 2022 pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, pertalite dan solar. Pertalite (RON 90) naik 31% menjadi Rp10.000,00/liter sementara solar naik 32% menjadi Rp6.800,00/liter. Harga BBM nonsubsidi, pertamax (RON 92), naik 16% sedangkan harga pertamina dex turun 8%. Untuk kelanjutan beritanya teman-teman bisa baca pada link di bawah ini:

PERATURAN PEMERINTAH (PP) NOMOR 56 TAHUN 2021

PP Nomor 56 Tahun 2021 merupakan UU baru yang diresmikan pada tanggal 30 Maret 2021. Kehadiran UU ini menjadi hal yang dinanti pelaku musik di tanah air karena dianggap dapat mempertegas pengelolaan royalti dan diapresiasi para musisi tanah air, seperti Anji, Anang Hermansyah, Pay BIP, dan Candra Darusman. Jika di Indonesia ada PP No 56 Tahun 2021, lalu bagaimana dengan UU musik di negara lain?  Untuk kelanjutan beritanya teman-teman bisa baca pada link di bawah ini:

Kenaikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 11% di Tahun 2022, Apakah Sudah Tepat?

Rancangan Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (RUU HPP) telah resmi disahkan menjadi UU oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) pada Kamis, 7 Oktober 2021. UU HPP ini menyebabkan kenaikan pada tarif PPN dari 10% menjadi 11% mulai April 2022. Kemudian, paling lambat 1 Januari 2025, tarif PPN akan dinaikkan lagi menjadi 12%. Lalu, apa saja alasan pemerintah membuat kebijakan untuk menaikkan PPN? Dan bagaimana kira-kira respon masyarakat tentang kebijakan baru tersebut? Untuk kelanjutannya teman-teman dapat mengakses link berikut ini:

indonesia, raksasa tidur yang berpotensi menjadi pusat keuangan syariah dunia

Pada kegiatan “Mabar” kali ini, kami mengangkat topik mengenai “Indonesia, Raksasa Tidur yang Berpotensi Menjadi Pusat Keuangan Syariah Dunia”. Ma’ruf Amin selaku Wakil Presiden Indonesia mendorong optimalisasi pengembangan sistem ekonomi dan keuangan syariah, sehingga dapat menjadi mesin baru bagi perekonomian Indonesia. Mengutip pernyataan Joko Widodo selaku Presiden Indonesia, Wakil Presiden sepakat bahwa potensi ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia merupakan “raksasa tidur” yang dapat bangun setiap saat untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju di 2045. Oleh karena itu, pemerintah melalui Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) telah membuat rencana pengembangan ekonomi syariah dalam Master Plan Ekonomi Syariah pada 2019. Lalu, apakah Indonesia memiliki peluang besar untuk menjadi pusat keuangan syariah dunia? Apa saja keunggulan yang dimiliki Indonesia? Untuk kelanjutannya teman-teman bisa baca pada link di bawah ini: